Tenteram kah hidup kita

 

ORANG yang tenang hatinya, tenang pula jiwanya.
Orang yang tenang hatinya, tenang pula sikapnya.
Orang yang tenang hatinya, tenang pikirannya.
Orang yang tenang hati, jiwa, raga dan pikirannya akan tenteram hidupnya.

Maka mari tanya diri sendiri, sudah setenteram apa hidup yang kita jalani? Kalau masih penuh galau, bimbang, cemas dan khawatir berarti hidup yang dijalani belumlah tenteram.

Lalu mungkin ada yang mempertanyakan “bagaimana bisa hidup tenang bila harta tak punya? Bila hidup tak punya wewenang? Bila hidup tanpa pasangan? Bila hidup sendirian?”

Subhanallah….

Seandainya harta itu akan membuat hidup seseorang tenang, maka pasti Qorun, Michael Jackson dan orang-orang kaya lainnya adalah orang paling tenang kehidupannya.

Seandainya wewenang dan jabatan dapat membuat hidup seseorang penuh ketenangan maka pasti Firaun, Julius Caesar, Ariel Sharon, dan pejabat serta pemimpin lainnya adalah orang yang paling tenang hidupnya.

Seandainya orang yang berpasangan itu dijamin pasti tenang hidupnya, maka yakinlah tidak ada pernikahan yang berakhir dengan perceraian akibat pertengkaran.

Sadarilah bahwa harta, tahta, pasangan hidup hanya pelengkap ketenangan. Banyak orang yang tidak memiliki hal di atas tetapi tetap merasakan ketenangan hidup. Karena inti ketenangan itu adalah mengingat Sang Maha Indah. “Ala bizikrillahi tath’mainnul qulub,” (Qs. Ar-Ra’d : 28).

Dan andaikata setelang berzikir hatimu tidak juga tenang, berati ada yang salah dengan imanmu. Karena bagian awal dari ayat di atas adalah “Orang-orang yang beriman yang tenang hatinya dengan mengingat Allah.”

Mari berzikir, agar kita tahu bagaimana kualitas keimanan kita. Seraya tadabbur ayat 28 surat Ar-Ra’d tadi.

Semoga hidup kita semakin tenteram, Aamiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s