Bukan terburuk tapi terbaik untuk mu

Image

Suatu hari ayah saya memulai pagi dengan penuh semangat, bagaimana tidak, beliau digadang-gadang menjadi salah satu kandidat terkuat untuk menjadi supervisor baru di kantornya. Rapat pimpinan berlangsung lebih lama dari biasanya, hingga akhirnya keputusan yang mereka keluarkan adalah ayah saya digagalkan menjadi supervisor baru karena salah satu senior supervisor tidak menyetujui pengangkatan beliau.

Sontak ayah saya begitu terkejut dan terpukul dengan kejadian ini, serasa tidak percaya, namun apa hendak dikata, ini adalah keputusan-Nya melalui tangan-tangan manusia. Hari-hari berlalu sama seperti biasa, kecuali rasa perih itu masih tersisa.

Hingga beberapa minggu kemudian ayah saya sujud syukur, mengucapkan ribuan bahkan jutaan terima kasih kepada Sang Maha Mengetahui. Beberapa minggu setelah pengangkatan supervisor baru, ia pun dipanggil rapat ke Jakarta. Namun ketika pulang menumpang pesawat Garuda Indonesia Airbus A300-B4, pesawat tersebut jatuh di pegunungan daerah Sibolangit Sumatera Utara saat hendak mendarat di Bandara Polonia Medan pada 26 September 1997. Seandainya supervisor waktu itu adalah ayah saya, mungkin beliau yang menjadi salah satu dari korban jiwa.

Sungguh ayah saya tidak pernah mensyukuri kegagalan yang lebih syahdu daripada kegagalannya menjadi supervisor kali itu. Di saat itulah beliau amat menyadari firman-Nya: “Bisa jadi kalian membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagi kalian, dan bisa jadi (pula) kalian menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagi kalian, Allah mengetahui, sedangkan kalian tidak mengetahui.” (QS.Al-Baqoroh: 216).

Saudaraku, kita semua pasti pernah gagal dan kecewa, namun berbaik-sangka lah kepada Allah.

Kegagalanmu kali itu adalah hal terbaik yang pernah ada di dalam hidupmu.
Apakah pernah Allah mengecewakan doa dan kebaikan untuk mu?

Percaya lah … Segala yang terbaik sudah ditetapkan-Nya untuk kita, mungkin kita yang kurang menyadarinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s