Apakah Rasulullah Saw bisa salah…?

Image
Rasulullah saw merupakan nabi yang membawa risalah Tuhan untuk membimbing umat dan mengajak mereka lebih dekat kepadaNya. Selain mengajak umat Nabi juga merupakan sumber hukum, dimana segala penjelasan tentang aturan kehidupan yang diridhoi Tuhan disandarkan pada arahan beliau.

Di sisi lain, status beliau sebagai Nabi tentu sangat rentan tuduhan yang mendustai kenabian dari seluruh aspek kehidupan. Sehingga satu kesalahan dapat menjadi bumerang yang akan menodai status kenabian itu sendiri. Maka secara logika dan syara’ nya Nabi tidak boleh salah sama sekali.

Hal ini berdasarkan firman Allah di dalam surat An-Najm ayat 3-5 ” Dan ia (Muhammad) tidak mengatakan sesuatu berdasarkan hawa nafsunya * Melainkan merupakan wahyu yang diwahyukan * Yang mengajarinya adalah Yang Maha Kuat”

Jadi jelaas sekali bahwa Nabi tidak pernah salah.

Akan tetapi hal tersebut bila ditinjau dari sisi manusia melihat nabinya, sedangkan bila dari sisi Tuhan melihat hambaNya, Nabi Muhammad juga bisa salah. Ayat tersebut diatas pula yang menegaskan demikian, bahwa kemakshuman Nabi adalah semata-mata karena selalu dibimbing Sang Maha Kuasa.

Lalu kemudian ada yang bertanya, di dalam beberapa hadist sahih terdapat kejadian dimana Nabi bisa salah rakaat, salah strategi dan salah teknik bercocok tanam.

Kita jawab, bahwa kesalahan beliau tersebut disengaja Allah agar menjadi hadis dan petunjuk bagi umatnya. 

Subhanallah sekali ya.. Keterangan dan jawaban ini diintisarikan dari kitab Haza Waalidi oleh Syeikh Said Ramadhan Albuty perihal jawaban Syeikh Mulla (ayah beliau) atas perdebatan diatas.

-Mengenang wafatnya syahidul mimbar Syeikh Said Ramadhan Albuty

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s