Menangis itu baik

Studi di jepang menunjukkan bahwa menangis dapat membuat kesehatan fisik dan mental menjadi lebih baik, bahkan efeknya bisa melebihi tertawa. 

Beberapa studi ilmiah telah membuktikan bahwa ketika seseorang menangis karena alasan emosional, air mata mengandung sejenis hormon yang dikeluarkan oleh tubuh selama stres fisik.

Bila tertawa melepaskan stress pada saat itu saja, tetapi menangis mampu bertahan hinggu satu minggu lamanya. (Detik health)

Itu lah mengapa Rasulullah menganjurkan agar lebih banyak menangis daripada tertawa sebagaimana diriwayatkan :”Surga dan neraka ditampakkan kepadaku, maka aku tidak melihat tentang kebaikan dan keburukan seperti hari ini. Seandainya kamu mengetahui apa yang aku ketahui, kamu benar-benar akan sedikit tertawa dan banyak menangis.”
Anas bin Mâlik –perawi hadits ini mengatakan, “Tidaklah ada satu hari pun yang lebih berat bagi para Sahabat selain hari itu. Mereka menutupi kepala mereka sambil menangis sesenggukan. [HR. Muslim, no. 2359]

Maka menangislah …

Dan tidak ada tangisan yang lebih baik daripada tangisan karena takut kepada Allah. “Tidak akan masuk neraka seseorang yang menangis karena takut kepada Allah sampai air susu kembali ke dalam dadanya. Dan debu di jalan Allah tidak akan berkumpul dengan asap neraka Jahannam” (HR. Tirmizi, Nasa’i, Ahmad dan Hakim)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s