Bahasa arab adalah bahasa paling mulia.

Image

Mungkin terdengar fanatik sekali ya terhadap arab?
Hehehe… itu hanya bagi mereka yang tidak tahu dengan baik agama Islam yang dianutnya.

Kita sepakat bahwa semua bahasa pada dasarnya sama, bahasa arab, ibrani, persia, inggris, perancis, melayu, indonesia, bahasa karo, jawa sunda, aceh dan lain sebagainya. Sebagaimana kita semua sepakat bahwa semua manusia juga pada dasarnya sama, tidak ada yang lebih mulia diantara satu dengan lainnya. Namun demikian ada beberapa hal yang perlu diluruskan :

1. Bahasa arab menjadi bahasa paling mulia bukan semata-mata karena bahasanya, tetapi karena dipilih Allah sebagai bahasa Alquran. Sebagaimana Muhammad bin Abdullah juga adalah manusia, namun menjadi mulia karena posisinya sebagai penyampai risalah. Jadi apakah bahasa arab benar-benar bahasa Alquran? Tentu saja sebagaimana firmanNya dalam surat Yusuf ayat 2 : “Sesungguhnya Kami menurunkan nya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya”. Lalu ada yang bilang, nah itu kan diakhir ayat ada penjelasan nya bahwa berbahasa arab agar bisa dipahami, para sahabat kan orang arab, maka harus berbahasa arab baru mereka paham. Secara zahir kelihatan pendapat ini benar sekali, namun bukankah pada masa Rasulullah pun dakwah sudah menyebar ke berbagai daerah? Dengan bahasa yang berbeda? Bukankah mereka juga tidak akan paham dengan bahasa arab? Mengapa tidak juga diturunkan Alquran versi bahasa yang populer mendunia saat itu agar lebih mudah dipahami mayoritas masyarakat dunia seperti bahasa romawi dan persia? Jadi kalimat terakhir itu bukan sebuah alasan untuk mengeyampingkan bahasa arab, tidak ada signifikansi nya ke arah sana. Sampai kapan pun, membaca Alquran terjemahan tidak akan memiliki nilai dan pahala yang sama dengan membaca Alquran dengan bahasa arab. Karena di dalam hadis juga telah disebutkan bahwa “Alif Lam Mim” adalah huruf-huruf arab dalam Alquran yang apabila dibaca maka akan mendatangkan pahala. Kalau lah anda masih menyangkal hal ini silahkan shalat, lalu membaca terjemahan Alfatihah.

2. Rasulullah Saw adalah Nabi dan Rasul untuk seluruh umat manusia, semenjak diutus hingga akhir dunia. Untuk beragam suku bangsa dan bahasa dimana pun ia berada dan kapan pun waktunya. Sehingga Nabi Muhammad dengan bahasa arabnya tidak sama dengan Nabi-nabi terdahulu yang hanya diutus untuk kaumnya saja. Allah Swt berfirman : “Katakanlah: “Hai manusia Sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu semua.” (QS: Al-A’raf 158).

3. Nah kalau lah Nabi Muhammad Saw diutus untuk seluruh umat manusia dan anda mengatakan bahasa arab hanya kebetulan menjadi bahasa Alquran, seharusnya Allah juga menurunkan Alquran dalam bahasa ibrani, suriani, hindi, persia, romawi dan lain-lain. Mengapa demikian? Karena setiap bangsa kan bahasanya berbeda, rasanya tidak adil kalau Allah hanya menurunkan Alquran dalam bahasa arab saja. Sebagaimana saya sebutkan di atas, bahwa membaca satu huruf Alquran berbahasa arab pun mendapat pahala, maka tentunya semua umat ini ingin membaca Alquran dalam bahasa mereka juga dapat pahala. Namun Allah tidak memutuskan demikian, bahasa arab tetap menjadi pilihan. Alquran itu bulat-bulat kata-katanya turun dari Allah disampaikan kepada Jibril a.s dan jibril menyampaikannya kepada Nabi Muhammad Saw tanpa ada yang dikorupsi. Jadi yang jibril sampaikan kepada Nabi berbahasa arab? Ya tentu saja. Ini lah yang membedakan Alquran dengan hadis Qudsi, dimana hadis qudsi adalah isi dan maknanya dari Allah namun redaksi bahasanya dari Rasulullah alias sesuai bahasanya Rasulullah Saw.

Jadi alasan apalagi yang dapat dikemukakan untuk menolak bahwa bahasa arab adalah bahasa paling mulia?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s